Kontak

IKATAN ALUMNI ATKP - POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA

Jl. Jemur Andayani I No 73 Surabaya 60236

E-mail : iaps@poltekbangsby.ac.id Instagram : @iapsby  

Profil Hubungan Alumni

Biro Dakwah

• Program Kerja


1. Taqwa kepada Allah, sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Quran Surat 3/Alu ‘Imran ayat 102:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

Wahai orang-orang beriman, bertaqwalah kepada Allah sebenar-benar taqwa; dan jangan sampai kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.

Wahai orang-orang beriman, rawatlah imanmu kepada Allah dengan sebenar-benar perawatan; dan jangan sampai kamu mati melainkan dalam keadaan islam (merawat iman).

Agar perawatan iman dalam bentuk islam (menunaikan rukun islam dan amal shalih) itu benar, diperlukan pengawasan yaitu ihsan (kita menyembah Allah seolah-olah kita melihat-Nya, bila tidak bisa membayangkan seolah-olah melihat-Nya maka yakinlah sesungguhnya Allah melihat kita).


2. Berpegang teguh pada tali Allah (Al-Quran dan Hadits), sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Quran Surat 3/Alu ‘Imran ayat 103:

وَٱعْتَصِمُوا۟ بِحَبْلِ ٱللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا۟ ۚ وَٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِۦٓ إِخْوَٰنًا وَكُنتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ ٱلنَّارِ فَأَنقَذَكُم مِّنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمْ ءَايَٰتِهِۦ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

dan berpegang-teguhlah kamu pada tali (agama) Allah, dan jangan bercerai berai,

3. Memanggil umat kepada kebaikan (dakwah), mengajak berbuat makruf dan mencegah berbuat munkar di lingkungan tempat tinggal, lingkungan kerja dll dalam bentuk perbuatan (dakwah bil hal) dan atau perkataan (dakwah bil lisan), sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Quran Surat 3/Alu ‘Imran

ayat 104:

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى ٱلْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ ۚ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.